Kamis, 14 November 2019

Lin Chi Wei_Grup Bakrie Punya 9 Nyawa

Industri Olahan Udang Patok Penjualan Naik 40 Persen

, Jakarta - PT Sekar Bumi Tbk, produsen makanan olahan berbasiskan udang, membidik penjualan akan tumbuh sampai 40 % selama tahun ini.

Presiden Direktur Sekar Bumi Harry Lukminto mengatakan perkembangan itu berangkat dari realisasi penjualan bersih pada tahun kemarin sebesar Rp 1,36 triliun. Searah dengan sasaran perkembangan penjualan, perseroan akan tingkatkan pasar luar dan dalam negeri. Sesaat ini bagian export masih menguasai. Tetapi lokal porsinya akan kami naikkan jadi 20 %, katanya.

Market di negeri akan dikerjakan makin banyak searah dengan pengoperasian pabrik baru oleh anak usaha, PT Bumi Pangan Penting, di Millennium Industrial Estate, Tangerang, Banten, seputar dua bulan . Sekarang pabrik baru itu sedang step pengurusan beberapa sertifikasi.

Pabrik Bumi Pangan Penting (BPU) dibuat dengan investasi Rp 200 miliar. Gagasannya, pabrik pemrosesan makanan seluas 3,4 hektare itu akan bekerja dengan kemampuan produksi 300 ton per bulan sepanjang eksperimen serta akan ditambah jadi 1.000 ton per bulan.

Pabrik di Cikupa telah usai, tetapi harus urus yang sifatnya sertifikasi, ini sedang kami penuhi. Satu sampai dua bulan akan datang usai, tutur Harry.

Pabrik di Cikupa, Tangerang, Banten, itu akan merambah lebih stimulan pasar di ruang Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, serta Bekasi. Penjualan di wilayah ini diinginkan dapat mengungkit penjualan domestik supaya porsinya sampai 20 % dari rata-rata 7-8 % saat ini.

Mengenai untuk export porsinya saat ini 93 %, akan bergerak ke level 80 % bersamaan pelebaran market domestik. Sekar Bumi juga tetap merambah negara arah export baru, seperti Timur Tengah serta Eropa Timur. Pasar berlangganan perseroan saat ini ialah Amerika, Jepang, serta Eropa.

Tidak hanya di Cikupa, Sekar Bumi membuat pabrik baru di Sidoarjo, Jawa Timur, yang ditangani anak upayanya, PT Bumi Pangan Sejahtera (BPS). Kemampuan produksinya seputar 400 ton per bulan pada step awal. Sekarang sedang dikerjakan sertifikasi untuk pabrik baru itu yang direncanakan usai satu minggu .

Penjualan akan ikut kelak bersamaan beroperasinya pabrik baru. Saat ini pabrik lama kami kapasitasnya telah optimal, sebut Direktur Sekar Bumi Freddy Adam.

Di lain sisi, Sekar Bumi merelokasi pabrik pakan udang serta pakan ikan punya entitas anak usaha, yaitu PT Karka Nutri Industri, ke Lamongan, Jawa Timur. Pabrik relokasi dengan investasi Rp 100 miliar ini luasnya 4,3 hektare serta memiliki 14 ribu ton per tahun pada step awal. Saat ini sedang babak identifikasi tempat.

Selama tahun ini, Sekar Bumi membidik penjualannya sentuh level Rp 1,9 triliun. Mengenai realisasi pada triwulan pertama baru 30 % dari sasaran.

BISNIS.COM

Simak juga: Pemerkosa Yuyun: Dibui 10 Tahun, Rok Jadi Bukti, Ini Mereka! Tragedi Yuyun serta Feby: Berikut 5 Hal yang Mengerikan

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar