Senin, 28 Oktober 2019

TCL Sabet Sejumlah Penghargaan Produk Elektronik Global

Dua Negara Tetangga Masuk Self-Certification ATIGA

INFO BISNIS - Thailand serta Vietnam siap ikuti penerapan skema sertifikasi mandiri (self-certification) dalam pola ASEAN Trade in Goods Agreement (ATIGA), atau ketentuan pengenaan biaya bea masuk oleh negara anggota ASEAN.

Direktur Kepabeanan Internasional serta Antarlembaga Robert L. Marbun menyebutkan, di Indonesia, kesediaan ke-2 negara tetangga itu tertuang dalam Ketentuan Direktur Jenderal Nomor 10 Tahun 2015, yang diputuskan pada 23 Juni 2015.

“Perwakilan Senior Economic Officials Rapat dari Indonesia, Laos, serta Filipina sudah memberi kesepakatan atas bergabungnya Thailand serta Vietnam jadi peserta project percontohan keduanya lewat letter of acceptance,” tutur Robert.

Robert menerangkan, ATIGA ialah kesepakatan tentang pembentukan lokasi perdagangan bebas untuk barang di antara negara anggota ASEAN. Tiap negara yang terhimpun dalam project ini bisa dipakai biaya preferensi selama penuhi asal barang serta ada penyerahan invoice declaration waktu ajukan pemberitahuan import.

Besarnya biaya preferensi yang dipakai dilandasi ketentuan Menteri Keuangan tentang penentuan biaya bea masuk dalam rencana ATIGA. Invoice declaration diedarkan oleh exportir bersertifikat di negara peserta project dengan sertifikasi mandiri buat barang type tersendiri yang tertera dalam daftar barang produksi oleh exportir bersertifikat.

“Data-data tentang exportir bersertifikat dari negara ASEAN didapat dari ASEAN Secretariat, yakni nama perusahaan yang mendapatkan status exportir bersertifikat, alamat perusahaan, daftar nama penandatanganan invoice declaration serta specimen, tanda-tangan dengan jumlahnya terbanyak tiga orang tiap perusahaan, nomor otorisasi exportir bersertifikat serta daftar type barang yang dibuat oleh exportir bersertifikat,” kata Robert.

Data-data disebut dan perubahannya mulai berlaku tujuh hari kerja sesudah tanggal pengiriman oleh ASEAN Secretariat ke semasing negara anggota peserta project. “Kemudian, dilanjutkan ke semua kantor pabean berbentuk softcopy serta hardcopy,” katanya. (*)

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar