Senin, 14 November 2016

Kepoin dampak tiga prinsip Raffles buat Bangsa Indonesia

Kepoin dampak tiga prinsip Raffles buat Bangsa Indonesia


Cara Hemat Pererat Pertemanan dengan JalanJalan Sempatkah anda mendengar mengenai nama Thomas Stamford Raffles? Satu diantara penguasa Inggris yang pernah ada di Indonesia ini yaitu penemu bunga Rafflesia Arnoldi. Raffles adalah orang yang sukses merebut kekuasaan Batavia dari Jan Willem Janssen. Dalam saat pemerintahannya, Raffles berpedoman tiga prinsip yang mendasar, yakni kerja rodi serta penyerahan harus ditukar dengan penanaman bebas oleh rakyat, peran bupati sebagai pemungut pajak dirubah lantaran bupati jadi sisi dari pemerintahan kolonial, serta lantaran tanah yaitu punya pemerintah, jadi rakyat yaitu penyewa. Lantas, apa efek tiga prinsip itu dalam kehidupan rakyat? Check this out!

Berdasar pada tiga prinsip itu, Raffles bikin sebagian kebijakan dalam bagian pemerintahan. Pulau Jawa dibagi jadi 16 kerasidenan. Raffles tidak membuat perlindungan lokasi ini sendirian, dia dibantu oleh sebagian tokoh seperti Gillespie, Mutinghe, serta Crassen. Untuk menguatkan kekuasaannya, Raffles mengambil satu kiat yang licik.


Dia pilih taktik bersahabat dengan beberapa pangeran di Jawa serta membenci beberapa penguasa yang mempunyai jalinan baik dengan Belanda. Taktik ini dapat sukses untuk bikin lokasi Jawa jadi lebih luas. Raffles sukses merajut persahabatan dengan rajaraja di daerah Jawa Palembang, serta efeknya, Belanda dapat terusir dengan gampang oleh Inggris.


Sayangnya, Raffles ini tidak lakukan balas budi. Sesudah sukses memperoleh maksudnya, Raffles mulai meninggalkan rekantemannya. Raja Badarrudin yaitu satu diantara misalnya. Raja ini sangat banyak jasanya untuk menolong Raffles, namun yang apa yang dia kerjakan? Dia jadi menolong Najamuddin untuk dapat menggulingkan posisi Badaruddin.


Bagaimana pendapat kalian mengenai aksi Raffles ini? Pastinya bab ini bakal makin menarik untuk dipelajari. Tertarik untuk pelajarinya selanjutnya kan? Selamat belajar rekan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar